Lowongan Kerja

Prev : Another Excitements (lanjutan Jurnal Satu Tahun di kineforum)

Akhirnya gw tau apa itu kineforum. Dan gw udah cukup sering menonton film di sana. Bahkan, beberapa orang yang sering jaga di sana, gw udah lumayan hafal wajahnya -yang akhirnya gw tau itu adalah Trie, Arief, dan Tobi. Wajah Mba Putri malah udah ga tampak di meja lagi.

Then, tiba-tiba waktu itu kehadiran majalah Provoke! menjadi fenomena tersendiri di sekolah gw. Everyone is addicted to Provoke! Waktu itu gw udah naik kelas XI, masuknya XI IPS pula. Jadi udah punya teman-teman baru yang seperjuangan. Lagi baca-baca Provoke!, tiba-tiba di halaman belakang, di bagian-bagian lowongan gitu, ada satu lowongan yang menarik mata gw! Biasanya cuma ada lowongan dicari perempuan atau laki-laki yang mau dijadiin artis, tapi yang ini malah nyari paid volunteers! Makin syok lagi waktu tau ternyata yang nyari itu adalah kineforum! Karena dibilangin di situ, bahwa itu adalah studio 1 di TIM 21, dan lagi dicari orang-orang buat jadi reception desk, doorcheck/user, sama projectionist. Dibilang juga, kalau mau daftar, kirim email ke Farishad Latjuba yang isinya biodata, tepatnya CV, dan alasan kenapa mau ikutan.

Gw pun melapor Negi dan bilang padanya. Tanpa diduga-duga, teman sekelas gw, Tasya, juga interest buat ikutan. Cukup banyak yang pengen ikutan, tapi gw merasa bahwa ketika itu, yang tau kineforum itu cuma gw, Negi, sama Rezky, dan Gema. Dan hampir keempat dari kita semuanya interest buat jadi volunteer di sana (tanpa mikirin paid or not!). Akhirnya gw langsung email dan menceritakan panjang lebar kelebihan kekurangan gw dan kenapa gw mau ikutan. Setelah gw email, ternyata Tasya juga ikutan mengemail. Kita berdua sama-sama berharap. Meski ketika itu, gw merasa sombong, bahwa chance gw keterima bakal lebih besar daripada Tasya, karena gw udah kenal kineforum duluan.

Berharap. Berharap. Berharap. Sama-sama nungguin balesan email. Cukup lama sampai akhirnya gw udah hopeless. Tapi tiba-tiba Tasya cerita kalau dia ditelpon sama Mba Putri dari kineforum! Fiuh, tapi gw ga ditelpon. Setiap detik, gw wanti-wanti, siapa tau ada no. tak dikenal menelpon gw. Setiap ada missed call, terus no.nya ga dikenal, gw selalu berharap no. itu menelpon gw lagi (padahal itu ternyata bukan kineforum juga). Finally, gw mendeclare, bahwa gw mungkin emang ga dipanggil karena CV dan email gw yang ga lolos seleksi. I feel disappointed that time. Karena awalnya gw udah sombong duluan dengan ngerasa chance gw lebih besar karena gw lebih tau kineforum daripada Tasya (yah, you know lah manusia kayak gw gimana). Tapi, ya sudahlah. Mungkin gw cuma bisa jadi penonton, dan mungkin karena gw sombong.

Tasya pun wawancara. Untung gw ga terlalu cemburu sama Tasya dan akhirnya gw nanya-nanya kabar Tasya. Dia bilang dia diterima dan sebagainya. Yeah, of course I feel happy for her. Terus gw bilang ama Tasya, tanyain dong sama Mba Putri itu, apa masih bisa daftar apa nggak jadi volunteer. Dan ternyata.. BISA! Tasya harusnya nyimpen email Mba Putri (bukan Farishad Latjuba), buat dikirimin CV. Tapi dia lupa dan dia cuma nyimpen no. HPnya Mba Putri. Semangat gw pun membara lagi!!

Gw masih inget, waktu itu H-1 pelantikan subsie buat angkatan 2009. Gw tadinya ga mau pulang, biar besok langsung aja dari kostan. Tapi, seinget gw, pendaftaran volunteer paling lambat adalah ketika hari H pelantikan. Itupun udah harus wawancara. Gw pun panik dan pasrah. Malah ketika itu hari sudah malam dan gw ga ada pulsa telpon. Gw nelpon lewat telepon di wartel, which is kalau nelpon ke HP kan mahalnya udah kayak apaan tau. Gw nelpon HP Tasya, minta no. telepon Mba Putri. Tasya ga punya, katanya udah dikasih Hanum. Gw minta no.nya Hanum dan gw telponlah dia. Ke HP. Ga diangkat. Panik. Telpon lagi. Masih ga diangkat. Makin panik. Nelpon lagi, DIANGKAT!! Langsung lega tapi masih panik. Minta no. Mba Putri dan tanya-tanya. Ternyata Hanum udah janjian dan bakal wawancara pas hari H pelantikan. Terus, gw telpon lah Mba Putri ke HPnya dengan perasaan udah kayak juicer (unexplainable lah perasaannya). Gw tanya-tanya, masih bisa jadi volunteer apa ngga. Terus, dia bilang tinggal kirim CV lewat email atau dateng langsung pas besok itu. Gw bilang ga bisa, karena ada pelantikan. Pas gw minta email, beliau nyuruh gw tanya Tasya. OK!

Tapi gw kan belum bikin CV! Dan warnet ataupun rental, pasti udah tutup bukaaaan? Gw jadi panik. Panik terus deh bawaannya. Abis itu gw nelpon Hanum, nanya apa besok gw bisa ikutan dia buat wawancara sama Mba Putri. Karena ternyata, Hanum bakal ikutan pelantikan pagi-pagi, terus cabut bentar ke TIM buat wawancara, terus balik lagi ke pelantikan. Gw pun mendaftarkan diri buat ikutan Hanum ke wawancara yang gw harapakan itu. Daftar dulu deh, jadi apa ngga, gw ga tau!

Gw balik ke kost-an dengan biaya wartel yang bikin gerah. Pas gw balik ke kostan, ternyata masih ada Renata, Ira, dan Bubu. Gw basa-basi, ternyata mereka baru mau pulang! Renata ngajakin gw pulang ke Pondok Gede, nebeng mobilnya Bubu. Dan bokap gw juga lagi ada di Pondok Gede. Jadilah gw dengan gesit berkemas-kemas dan berpakaian sangat seadanya untuk bersiap-siap pulang. Nelpon Papa ngabarin pengen pulang karena mau bikin CV buat daftar jadi VOLUNTEER KINEFORUM!!!!

Yey! Akhirnya aku pun diberikan kesempatan sama Allah buat ikutan wawancara. Sampai rumah langsung sibuk bikin CV, nyiapin foto, ngemail Mba Putri dan ngeprint CVnya buat jaga-jaga. Dan malam itu, aku tidur dengan sebuah senyuman berjaya nangkring di bibirku..

Besok paginya, ya langsung ke sekolah dan ngurusin pelantikan. Bikin janji lagi sama Hanum dan berencana bakal cabut ke TIM jam 11an atau jam berapa, gw lupa. Bakal diantar oleh ibundanya Hanum. Allah really prepare great plan for me!!! Sampai juga di Dewan. Wah, I can’t imagine deh bakal diwawancara apa. No preparation sama sekali. Ketemu Mba Putri, yang aku ngerasa wajahnya seperti si gadis penjaga meja yang waktu itu, terus langsung disodorin kertas buat diisi biodata dan sebagainya. Ditanya-tanya, kira-kira bisanya jaga kapan, ditanya-tanya tentang rumah, dijelasin job description, bakal jaga dari jam berapa sampai jam berapa, fee, dan sebagainya. Waktu itu, aku ditulis giliran jaga setiap Sabtu dan Minggu. Bla bla bla, then I’m officially jadi volunteer kineforum! Waktu itu bulan Januari, tapi ga tau kapan.

Balik lagi ke Cibubur dengan perasaan gembira tak terbendung..

Tinggalkan Balasan

