Fitna : Menghebohkan Dunia!

Biasanya, soal film, orang yang paling getol buat ngomongin adalah orang-orang yang selama ini berkutat di bidang film. Tapi begitu Fitna muncul, hmm.. Semua orang sibuk ngomong sana ngomong sini. Bahkan, bapak presiden Indonesia juga menyatakan larangan beredarnya film ini. Bahkan, jika si Wilders mau dateng ke Indonesia, bakal dicekal, tuh (Kompas, 1 April 2008). Baru aja gw mau buka blog nulis ini, ternyata udah berjuta-juta orang yang nulis tentang Fitna. Heboh, deh.

Gw cuma mau ngasih opini kecil-kecilan. Gw pribadi merasa bahwa film ini dibuat tidak disertai pemahaman yang mendalam tentang Al-Qur’an, tentunya tentang ayat-ayat di dalamnya. Tapi, dipaparkan fakta-fakta yang terkesan tidak manusiawi dan arogan serta anarkis dari umat Islam, yang mungkin membuat pembenaran atas tindakan-tindakannya yang BELUM TENTU benar dan BELUM TENTU salah, atas Al-Qur’an.

Sebagai film, film ini patut diacungi jempol karena dalam 15 menit, dia kemungkinan besar berhasil memprovokasi orang-orang awam dan umum yang juga tidak paham Islam. Dan bahkan telah memancing banyak pencekalan di mana-mana. Dan gw salut atas keberaniannya mengemukakan pendapat atas apa yang ia interpretasikan terhadap kenyataan-kenyataan yang ia lihat. Sayangnya, mengcompare itu semua dengan Al-Qur’an begitu saja, bukan sebuah cara yang, menurut gw, benar.

Kalaupun mau menanggapi film tersebut, gw sebagai umat Islam lebih memilih untuk introspeksi diri dan mencoba mengenali kitab gw yang selama ini gw yakini benar. Karena gw pribadi yakin, bahwa Allah ga mengajarkan gw untuk melakukan hal-hal kasar yang ditampakkan di film itu. Gw lebih memilih untuk mendengarkan ‘unek-unek’ si pembuat film dan mungkin justru lebih bisa meningkatkan kepercayaan gw terhadap Islam dan memotivasi gw untuk menjadi umat yang lebih baik lagi. Kalau gw justru malah memaki-maki, apa bedanya gw sama yang dipikirkan sama si Wilders tentang umat Islam? Orang-orang seperti itu hanya butuh diberikan pemahaman. Percuma juga toh, kalau filmnya dilarang, tapi konstruksi berpikir Wilders terhadap Islam ga pernah berubah?

Iklan

One comment

  1. lepinter · April 15, 2008

    Emang yee… Fitnah emang….
    KEJAM!!!
    ga cukup satu tapi berantai karena satu sebab
    biki STREZZZ azahh…

    FITNAH ntoe ga baek….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s