Atonement

 

Begitu lihat poster film ini yang memamerkan betapa kinclongnya wajah Keira Knightley dan betapa menawannya James McAvoy, gw udah berpikir bahwa mereka berdualah yang akan menjadi pemeran utama film ini. Gw ga baca resensi filmnya, tapi kepengen nonton filmnya. Karena ada Keira Knightley dan Joe Wright yang sebelumnya udah pernah kerjasama bareng di film Pride and Prejudice, yang menurut gw filmnya sama-sama ambil setting klasik, dan sama-sama adaptasi dari buku. Untuk The Atonement, ini diadaptasi dari novelnya Ian McEwan.

 

Ceritanya tentang kesalahpahaman seorang anak perempuan terhadap seorang pemuda yang telah lama menjadi tukang kebun keluarganya. Ayah si anak perempuan juga telah membiayai pendidikan si pemuda tersebut. Pemuda tadi kuliah di tempat yang sama dengan kakak si anak perempuan tadi, yang ternyata selama ini saling memendam perasaan cinta. Namun, serentetan kejadian dalam satu hari tiba-tiba membentuk pikiran negatif si anak perempuan tentang si pemuda. Dan ketika sebuah kejadian fatal terjadi, tanpa membuktikan kebenarannya, si anak perempuan tadi lebih percaya pada pikirannya yang sudah didominasi pikiran negatif tentang si pemuda, sehingga akhirnya pemuda itupun terkena tuduhan yang sebenarnya tidak ia lakukan, dan membuat si pemuda mengalami banyak hal yang membuatnya jauh dari cintanya, yakni kakak si anak perempuan tadi..

 

Film ini CIAMIK! Gw suka alurnya, gw suka detailnya, gw suka settingnya, gw suka angle-angle pengambilan gambarnya, gw suka wardrobenya, gw suka aksennya, gw suka endingnya, gw suka sudut pandang ceritanya, gw suka kemasan filmnya, gw suka viewnya, rasanya gw suka semuanyaaaaaa :)

 

Awalnya, gw berpikir bahwa film ini adalah another drama movie, tapi ternyata tidak. Ide ceritanya simpel banget, sangat-sangat simpel, tapi karena alurnya dan cara penceritaannya yang dibuat sedemikian rupa, jadi terlihat rumit. Karena jujur aja, pas selesai nonton, gw malah bingung, sebenernya ini film tentang apa. Tema umum, yakni cinta dan kehidupan, ga banyak terlalu diekspos lewat dialog-dialognya.  Karena lagi, menurut gw, film ini ceritanya cepet banget. Dalam satu hari, kisah cintanya si Robbie sama si Cecillia, secepat kilat terjadi dalam hubungan fisik lalu saling menyatakan cinta, tiba-tiba malam harinya mereka harus berpisah. Selanjutnya cuma perjuangan Robbie untuk bertahan hidup agar bisa kembali ke Cecillia dan penantian Cecillia akan kembalinya Robbie.

 

Maka dari itulah, setelah gw pikir-pikir, apa mungkin, si pembuat cerita ini sebenernya lebih ingin mendeskripsikan tentang apa yang terjadi di Perang Dunia I, karena film ini ngambil setting di masa itu. Mungkin si pembuat cerita lebih ingin menjelaskan gimana kondisi perang yang memakan berjuta nyawa, kondisi para tentara Inggris yang ga karuan, yakni pada mabok-mabokkan, juga kondisi para tentara yang terluka dan sebagainya, tetapi dengan pengantar ceritanya berupa kesalahpahaman yang berakhir dengan penyesalan dan atonement, penebusan dosa si Bryoni, yang punya caranya sendiri.

 

Kalau lo masih bingung baca review gw, wajar sih. Soalnya emang film ini menarik justru dari pengemasan filmnya. Jadi, mendingan nonton sendiri aja. Hehehe. Buat gw pribadi, film ini seru untuk ditonton, kok. Apalagi endingnya. NICE :)

Tambahan. Setelah gw pikir-pikir, film ini tuh sebuah film yang diadaptasi dari buku yang menceritakan kisah seseorang yang menceritakan kisahnya lewat karya-karyanya yang merupakan atonement, penebusan dosa. Bingung? Pokoknya nonton aja, deh! Mata lo bakal dimanja abisssssss!

 

 

 

 

One comment

  1. Diba · April 24, 2008

    gw udah nonton film ini. awalnay gw bingung bgt dengan alurnya.
    dan pas bagisn perang,tiba2 banyak tokoh tak dikenal muncul gtuaja. menmbuat gw bingung. hahaha
    tp overall,ceritanya bagus,especially buat orang2 yg suak nonton fil yg “agak mikir” dan alur nya maju mundur. bagus2!!

Tinggalkan Balasan

