Gala Premiere KARMA [150708]

 

Ini kedua kalinya gw datang ke Premiere sebuah film Indonesia. Berkat kebaikan hati seorang teman, yakni Achmad Baihaqi, sampailah saya di XXI Plaza Indonesia EX, sekitar pukul 8 malam. Di depan pintu XXI, tampak papan banner film Karma sedang di’permak’ oleh beberapa laki-laki, dipasangi lampu, agar papan tersebut bisa dipakai sebagai latar belakang untuk wawancara dan foto-foto. Di lobby XXI, belum terlalu ramai. Tapi kata Haqi, yang sampai di situ duluan, Dominique, si pemeran utama, telah hadir.

 

Gw ga akan cerita banyak-banyak, karena yang namanya Premiere, kayaknya gitu-gitu aja, kan? Para pemain, undangan (yang sebagian besar artis), panitia penyelenggara premiere, serta wartawan, pastinya memadati lobby XXI. Tapi yang bikin aneh adalah bahwa di acara premiere itu, yang paling banyak dikerubungi wartawan untuk diwawancara adalah Tyas Mirasih, which is dia bahkan ngga main filmnya. Terus, dia diwawancaranya di depan papan banner Karma itu. Ga cuma lima menit, tapi cukup lama! Sedangkan, para pemain filmnya, yakni Dominique, Jenny Chang, Jonathan Mulya, malah diwawancara segelintir orang dan bukan di depan papan banner film Karma, melainkan di spot tertentu yang latar belakangnya cuma crowd aja. Mungkin gw terlalu membesar-besarkan masalah ini, tapi menurut gw ini aneh banget!!

 

Setelah keanehan itu berlalu, karena para undangan udah dipersilahkan masuk ke dalam studio, gw malah jadi mikir tentang satu hal. Gw mikir tentang.. apa sih artis itu sebenarnya? Kenapa gw bisa ngefans sama artis? Kenapa gw bisa ngefans sama Poppy Sovia dan Titi Sjuman? Kenapa orang-orang seneng kalau bisa ketemu dan foto sama Jonathan Mulya? Kenapa kalau foto sama artis bisa dibanggain? Kenapa?

 

Ngeliat begitu banyak artis di premiere, gw malah mikir kalau mereka not supposed to be a celebrity. Mereka manusia, rakyat, bagian dari masyarakat dan realita. Orang biasa aja, kayak lo, kayak gw, kayak kita. Klise sih, tapi gw kayak baru dapet pencerahan sekarang! Mereka ketawa sama teman-teman mereka, ngobrol biasa, jalan, cengar-cengir, foto-foto, mesen popcorn, beli minum, ya gitu. What is so special about them?

 

Mereka dikenal banyak orang, kah? Karena kalau masalah talenta atau pekerjaan, gw ngerasa tiap orang punya talentanya sendiri. Gw ngefans sama Titi Sjuman, salah satunya karena dia drummer cewek, tapi temen gw juga ada yang cewek tapi drummer. Dan setelah gw ketemu dia dan Poppy di premiere kemarin, seneng sih bisa ngeliat dia dan bisa pamer. Nah, kenapa gw seneng bisa ngeliat artis itu dari deket? Padahal pas minta foto, ya udah. Minta foto, nanya, “boleh minta foto, ga?”, dia bilang iya, foto, fotonya udahan, bilang terima kasih, senyum, ya udah. Itu sebuah komunikasi yang bisa terjadi dengan siapa aja kan? Tapi kenapa ada perasaan bangga kalau bisa berkomunikasi seperti itu dengan artis? Kenapa ada rasa seneng kalau bisa berjarak dekat, bahkan dalam waktu singkat, dengan artis? Kenapa? Padahal mereka belum tentu kenal kita, dan kita pun sebenernya belum tentu kenal mereka. Kenapa kita lebih sering memuja mereka daripada memuji atau bahkan say thanks ke orang yang tiap hari dekat dengan kita? Apa karena saking udah biasanya, jadi ga perlu ada pujian?

Pikiran ini muncul dari semalem, setelah melihat Yama Carlos memesan makanan minuman di sebelah gw TEPAT dan melihatnya menyapa serta ketawa dengan teman-temannya. Gw pikirin hal ini terus masih sampai.. saat ini.

 

So, please, share your opinion!! I do really need some answers! DANKE!!

Iklan

One comment

  1. Baihaqi Achmad · Juli 17, 2008

    karena artis itu public figure yg dikenal luas masyarakat Kar :)
    sosok mereka emang (mau gak mau) menjadi sorotan masyarakat dan punya aura tersendiri yang orang biasa gak punya

    btw TYAS MIRASIH kan artis infotainment, jadi wajar aja kalo dia dikerubungin wartawan kayak gitu :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s