God, Religion, and Human.

Gak tau kenapa, setiap gue lagi memikirkan sesuatu, hal-hal lain yang berkaitan dengan sesuatu itu langsung muncul seakan menjadi referensi gue dalam berpikir, menimang, menimbang, dan mengenang. Hal yang lagi gue pikirin belakangan ini adalah tiga hal yang jadi judul jurnal gue ini: Tuhan, Agama, dan Manusia.

Bermula dari satu keputusan penting dalam hidup gue. Lalu kemudian gue jadi mempertanyakan. Tiba-tiba, diminta membantu teman yang membuat film berjudul “Indonesia Bukan Negara Islam”. Yeah, he has a deviantart, too. Let’s check out the film, guys! See it on YouTube. Setelah itu, gue berbincang dengan teman yang berbeda agama tapi cukup memiliki pandangan sama dalam sebuah bis Tangerang-Blok M ditemani rintik hujan mengenai kebingungan kita akan keTuhanan dan agama.

Ke pameran fotografer terkenal yang judul-judulnya gak lepas dari keagamaan pula. “Samsara”, “The Last Supper”, dan lainnya. Ketemu GM, jadi pengen baca bukunya, “God and The Unfinished Things”. Terus, tadi pagi menjelang siang, belajar Sosial Budaya Indonesia, belajar Masyarakat Majemuk Indonesia. Gue pun jadi mempertanyakan kebangsaan di tengah kemajemukan itu beserta konflik yang terjadi selama ini. Well, jawaban dosen gue boleh juga: Toleransi.

Sekarang, ada seorang kawan yang lagi bingung. Dia pacaran beda agama. Dia serius dengan hubungannya ini. Tapi masa depan mereka berdua makin gak jelas arahnya.

Apa yang gue pertanyakan? Apa benang merahnya? Gue juga jadi gak ngerti. Mungkin sekarang bingung. Mungkin nanti bingung. Mungkin selamanya bingung. Mungkin juga, ketemu jawabannya! Lalu? Lalu ya..

Tinggalkan Balasan

