AB

AB adalah inisial nama seorang laki-laki yang begitu saya gila-gilai: ARIO BAYU. Apalagi setelah menyaksikan aktingnya yang luar biasa dan luar binasa di Onrop Musikal! Namun, post kali ini tidak akan bicara tentang dia, tapi tentang seorang sahabat laki-laki terbaik saya yang seringkali ‘muncul-hilang’ dalam konotasi yang positif, yang pada Kamis, 18 November kemarin, berhasil berbagi quality time-nya sedikit dengan saya, lagi. Sebuah momen yang kami sudah seringkali nanti, dan akhirnya.. kemarin kami nikmati.

Berawal dari pertemuan karena urusan pekerjaan, lalu berlanjut ke pembicaraan yang lebih personal. Ia bercerita bagaimana perjalanan karir, jatuh bangun pencapaiannya, sharing pembelajaran yang dia dapat selama tidak berkomunikasi dengan saya, hehe. Begitu juga dengan saya, sebaliknya. Obrolan agak timpang, karena dia banyak cerita soal pekerjaan, dunia profesionalitas, hidup, sedangkan saya cuma bisa cerita tentang drama saya, terbata-bata, bingung, banyakan bengongnya. Dari obrolan bab pertama ini, saya makin sadar, betapa drama dalam hidup saya beberapa bulan lamanya itu sangat, sangat, sangat, sangat.. menutup mata saya akan hal-hal yang sebenarnya lebih penting dan lebih berguna. In a way.

Bab 2 perbincangan kami saya beri judul: There’s Always Something About a Meeting. Entah mengapa, beberapa pengalaman membuat saya berkeyakinan, dari setiap pertemuan, perbincangan dengan seseorang, yang mungkin sederhana tapi terbungkus ikatan yang mutual dan mendalam, saya selalu merasa hal itu pasti bertujuan, pasti ada alasan mengapa malam itu kami harus bertemu dan apa yang kami bicarakan pasti membawa pada tujuan tertentu. Seperti, everything happen for reasons. Begitu juga obrolan saya dengan AB malam itu, saya merasa diajak berkaca lagi, merefleksikan hidup saya belakangan ini dengan 19 tahun lebih yang pernah saya jalani.

Setidaknya ia mengingatkan saya bahwa saya pernah dan bisa berarti. Setidaknya ia memotivasi saya untuk bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi karena dulu saya pernah dan bisa ‘sebaik’ itu. Setidaknya ia mencoba menyadarkan saya bahwa saya seharusnya bisa lebih, bisa kuat, bisa positif dibandingkan kondisi saya yang makin hari sepertinya makin anti-klimaks dan luluh lantak.

Bukan berarti saya jadi ‘tidak mau kalah’, bukan itu. Bukan soal pencapaiannya, bukan soal saya jadi mau meraih dan mendapatkan apa yang sahabat saya dapatkan. Bukan itu. Namun, ini soal memperbaiki kualitas diri, soal menjadi individu yang bergairah dan bersemangat dalam menjalani kehidupan, soal menemukan kembali mimpi dan cita-cita yang kini berserakan seperti puing-puing keputus-asaan.

Dear AB, thanks for everything, for all the reminders, all supports, all cares, everything. It’s so nice to hear all the encouraging things and words came from you. Saya akan mencoba untuk selalu ada jika kamu merasa butuh seseorang untuk mendengarkan kamu, apa adanya, tanpa pretensi, tanpa puja-puji, murni dari seseorang yang mencoba ‘mendampingi’. Meski ada ketakutan juga, jangan-jangan saya masih bisa bersikap seperti itu karena saya satu-satunya orang (dan bisa-bisanya saya menyebut diri saya sahabat) yang belum menyaksikan karya-karya hebat kamu dan melihat dengan mata kepala sendiri besarnya pengakuan orang-orang atas keberadaanmu. Namun, entahlah, semoga saja bukan di situ persoalan utamanya.

Sekali lagi, izinkan saya mengucapkan terima kasih atas semuanya. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan saya dan terus mengisi satu sama lain apa adanya. Tanggalkan semua pakaian kemunafikan dan kepura-puraan, karena kita berdua tahu, kita sama-sama tidak membutuhkan itu semua. Good luck to you, i know you’ll make it someday, AB :)

Tinggalkan Balasan

