Halo

Halo.

Lama sekali ya sudah tidak blog-posting. Menulis yang lain pun sudah jarang. Sebenarnya di pertengahan Februari sampai Maret ini perhatian saya tersita penuh untuk dua kerjaan besar.

Pertama, keterlibatan saya di acara Sejarah adalah Sekarang yang tahun ini memasuki edisi kelima. Acara yang diselenggarakan oleh Kineforum Dewan Kesenian Jakarta ini diselenggarakan dalam rangkan merayakan Bulan Film Nasional dan khususnya Hari Film Nasional setiap 30 Maret. Daripada promosi, bisa cek langsung acaranya di http://kineforum.com Dari acara pemutaran film klasik macam Tiga Dara, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, Ibunda, Taksi, Gundala Putra Petir.

Secara personal, acara ini berkesan bagi saya karena saya terlibat acara ini dari edisi pertama dan saat itu pula, pertama kalinya saya bergabung di Kineforum. Tidak sedikit pengalaman menarik sampai orang-orang yang datang dan pergi, dari gak punya blog sampai punya twitter, bahkan penonton-penontonnya dari yang saya hafal wajahnya sampai yang tidak pernah kelihatan lagi.

Selebihnya, inisiatif acara Sejarah adalah Sekarang menurut saya memang patut diacungi jempol. Siapa yang masih peduli tentang arsip dan perjalanan panjang film kita? Padahal ternyata dari beberapa film klasik yang diputar, banyak penonton yang bilang bahwa topik dan permasalahan di film itu masih relevan dengan masa sekarang. Bukan itu saja, pemutaran film Tiga Dara tanggal 13 Maret 2011 di Kineforum, dipenuhi antusiasme anak muda, sampai-sampai tiket habis satu jam sebelum pemutaran, dan itu pun melalui antrian yang panjang.

Buat saya, hal itu seperti menunjukkan adanya kerinduan (sejarah sebagai romansa*) dan keingintahuan (sejarah dapat dianalisis dan didiskusikan secara kritis*) tentang sesuatu di masa lalu dan kebutuhan membandingkan dengan kondisi sekarang sehingga memunculkan keinginan untuk semacam melakukan sesuatu dan timbul suatu bentuk kepedulian demi apa yang kita sebut ‘masa depan yang lebih baik’. Meski kepedulian ini timbulnya bertahap, dari aspek kognitif, afektif, sampai nanti bersama-sama terwujud kepedulian secara konatif.

Saya sendiri juga masih belajar pelan-pelan untuk bisa meningkatkan kepedulian saya mengenai ini. Dan lewat acara Sejarah adalah Sekarang, saya tahu saya tidak sendirian.

Acara kedua yang sedang saya persiapkan bersama beberapa teman adalah acara Launching Modul Integrasi. Jadi, Yayasan Jurnal Perempuan bekerja sama dengan tiga Universitas: Atma Jaya Yogyakarta, IKJ, dan Moestopo, membuat modul yang memasukkan pengetahuan dan pemahaman tentang Gender ke dalam kurikulum kampus, khususnya fakultas Ilmu Komunikasi dan Seni Rupa. Nah, tanggal 25 Maret 2011 jam 12.00-17.00 nanti akan ada launching-nya. Buat yang berminat datang, acaranya di Lt. 3 Gedung D Kemendiknas, di samping FX. Doakan lancar, ya!

Lalu, kenapa saya sekarang sempat-sempatnya menulis ini? Saat ini saya sedang terbaring di tempat tidur kamar rumah saya, tidak bisa kemana-mana, karena kepala saya sakit akut, dan cuma bisa dipakai buat berpikir di tempat. Daripada saya bengong dan laptop saya pun di kosan jadi tidak bisa bekerja, lebih baik saya mencoba menulis walaupun cuma seadanya.

Jangan lupa datang di dua acara bermanfaat tersebut, ya :)

*) Dikutip dari Pengantar Pameran Sejarah Bioskop dan Kebijakan Film Indonesia, bagian dari acara Sejarah adalah Sekarang.

2 comments

  1. Fariz · Maret 13, 2011

    Acara kineforum ini free atau ada fee-nya? Kalo mau nonton tinggal datang saja ke TKP atau gimana?

    • amaliasekarjati · Maret 13, 2011

      Halo, Fariz!

      Semua acara di Kineforum itu free, kecuali untuk Konser Musik. Sudah cek blog-nya Kineforum? Semua info tertera di sana ya :)

      Kalau mau nonton, tinggal datang aja. Tapi tetap harus isi buku tamu lalu nanti dikasih tiket sebagai tanda masuk tanpa dikenakan biaya. Cuma, harus datang lebih awal sebagai antisipasi kehabisan tiket karena seat yang tersedia hanya 45 tiket saja.

      Terima kasih :)

Tinggalkan Balasan

